Tuesday 16 January 2018

Tidak bisa login ke play game service dari aplikasi yang di upload ke play store

Hanya untuk catatan pengingat saja, karena masalah ini kemungkinan bisa muncul kembali di kemudian hari, ya semoga saja dapat juga memberikan informasi tambahan dan membantu anda yang kebetulan mengalami masalah serupa.

Apa yang akan saya uraikan di artikel kali ini mengenai masalah pada aplikasi android yang kebetulan menggunakan layanan google play game service, aplikasi yang sudah diupload ke playstore dan didownload ternyata tidak bisa login ke play game service, padahal selama diujicoba ketika masa pengembangan, tidak ada masalah sama sekali.

Sebelum topik utama saya uraikan, saya sedikit ingin membahas apa itu google play game service, ya walaupun apa yang akan saya uraikan ini acak-acakan semoga saja dapat dipahami.

Google play game service merupakan layanan yang disediakan oleh google untuk untuk membantu melengkapi fitur  aplikasi game, seperti menyajikan leaderboard / papan peringkat skor tertinggi, membuat game multi player, fitur achievement atau prestasi dan lain sebagainya.

Aplikasi game yang sudah diintegrasikan dengan google play game service umumny harus melakukan login (signin) terlebih dahulu ke layanan google play game service ketika aplikasi tersebut dimainkan, setelah itu aplikasi baru bisa mengakses layanan-layanan dari play game service sesuai dengan yang digunakan.

Tidak bisa login ke play game service dari aplikasi yang di upload ke play store

Ada satu permasalahan yang pernah saya alami ketika mencoba membuat game sederhana yang diintegrasikan dengan google play game service.

Pada saat projek aplikasi secara langsung di jalankan dari projek android studio ke perangkat android, aplikasi berjalan dan dapat berfungsi dengan normal, aplikasi dapat login ke google play game service, melihat achievement dan juga leaderboard.

Namun ketika aplikasi tersebut saya upload ke google play store kemudian di tes dengan mendownload dan menginstal aplikasi tersebut dari google play store, muncul masalah aplikasi tidak mau login ke google game play service.

Sempat bingung kenapa bisa seperti itu, setelah membaca beberapa referensi ternyata banyak juga pengembang aplikasi game android yang mengalami hal serupa, dan masalahnya adalah adanya perbedaan antara kode SHA1 yang terdapat di App Signing Certificate dengan Kode SHA1 yang terdapat pada Auth 2.0 Client ID.

Lantas Bagaimana Solusinya ?

Untuk memperbaiki permasalahan tersebut agar aplikasi yang diupload ke play store bisa login ke play game service ketika aplikasi tersebut di download dan di jalankan diperangkat android, adalah dengan menyamakan kode SHA1 yang terdapat di App Signing Certificate dengan Kode SHA1 yang terdapat pada Auth 2.0 Client ID.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman akun Google Developer anda

2. Pilih aplikasi bermasalah yang berhasil anda upload sebelumnya

3. Arahkan ke menu Release Management > App Signing

4. Copy Kode SHA-1 Certificate fingger print  yang terdapat pada app signing certificate



5. Lalu Masuk ke https://console.developers.google.com

6.Pilih menu Credential, lalu pada bagian OAuth 2.0 Cliend IDs, silahkan pilih dan double klik nama play service yang sudah anda tautkan dengan game android anda.

7. Paste kode SHA-1 Certificate finggerpirnt ke bagian signing certificate seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



Kemudian Save.

Silahkan coba lagi download aplikasi dari google play store aplikasi yang dimaksud, jika berhasil maka aplikasi akan bisa login ke google play service dan anda bisa menikmati layanan dari google play serivice yang disediakan oleh game tersebut.


No comments:

Post a Comment