Tuesday 25 June 2019

Cara membuat hash key di windows 10 untuk facebook developer agar tidak error

Artikel ini sih hanya catatan saya saja, saya membuat artikel tentang Cara membuat hash key di windows 10 untuk facebook developer ini karena merasa kesulitan pada saat ingin membuat hash key untuk projek latihan login android melalui facebook dengan firebase.

Karena di aplikasi facebookd eveloper meminta hash key, maka hash key harus dibuat, sebenarnya banyak yang menyajikan materi cara membuat key hash untuk facebook developer, namun satu pun tidak ada yang berhasil padahal perintahnya sudah dicopas dan path yang diminta sudah disesuaikan dengan path yang terdapat di komputer saya.

Untuk membuat hash key diperlukan 3 componen yakni
a. file debug.keystore
Ini letaknya kalo di windows 10 terletak di folder C:\users\nama_user\.android\

b. File Keytool.exe
File ini letaknya di instalasi jdk, kalo di komputer windows saya letaknya ada di: C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_80\bin\

c. File openssh.exe
Nah ini harus di instal, bisa didapat disini, kalo di windows 10 saya, saya menggunakan  open ssh yang versi openssl-0.9.8e_X64.zip

Silahkan download lalu extract dan masukan isinya di folder C:\OpenSSH, buat saja dulu foldernya jika tidak ada.

Setelah diekstract isi dari folder C:\OpenSSH, pastikan berisi berikut:
-bin\
-include\
-lib\
-openssh.cnf

Setelah file-file di atas sudah dipastikan tersedia baru kita bise menggenerate KeyHash untuk facebook developer integrasi android, atau apa saja sesuai keperluan sih....

Cara Menggenerate File KeyHash langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. masuk ke folder bin di instalasi jdk anda dimana terdapat file keytool.exe
kalo di komputer saya lokasinya di C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_80\bin\

di dalam folder tersebut tekan keyboard SHIFT > lalu klik kanan dan pilih menu Open Powersell windows here

Nah nanti terbuka tuh Command prompt yang sudah mengarah ke folder tersebut.

2. Setelah terbuka... kopi saja perintah berikut:
 .\keytool -exportcert -alias androiddebugkey -keystore C:\users\mr.and\.andro
id
\debug.keystore | C:\OpenSSL\bin\openssl sha1 -binary | C:\OpenSSL\bin\openssl base64

Yang merah sesuaikan saja dengan lokasi masing masing file seperti yang diuraikan di atas, perintah di atas itu di komputer saya, mungkin di komputer anda bisa berbeda.

Paste perintah di atas, kemudian enter....

nanti akan keluar kata yang meminta anda untuk memasukan password.

Passwornya ketikan saja: android lalu enter lagi.

Setelah itu nanti akan keluar keyhasnya...

Penampakannya seperti gambar di bawah ini:





Awalnya saya sulit sekali menggenerate keyhash, ubek-ubek selama beberapa jam, akhirnya ketemu ternyata di perintah di atas saya tidak menambahkan tanda .\ di awal perintah, dampaknya error terus.

Jadi pastikan di awal perintah anda menambahkan perintah .\ lalu diikuti keytool......... seperti perintah di atas.

No comments:

Post a Comment